Cari Blog Ini

Memuat...

Follow by Email

Share it

Tendi Sutendi.Com

Tendi Sutendi.Com
Free Download Mp3 Lagu Indonesia Terbaru Gratis Lirik Lagu Musik Chord

Tendiz Thez Rezpector

Loading...

Money Saving Tips

I LOVE PERODUK INDONESIA

I LOVE PERODUK INDONESIA

Amazon Music

Your IP and Google Map location

Minggu, 19 Juni 2011

KONSEP PROPOSAL PADAT KARYA

PROGRAM PADAT KARYA
KELOMPOK
“SURYATMAJAN TANGGAP SIAGA MANDIRI”
KELURAHAN SURYATMAJAN
KECAMATAN DANUREJAN
Sekretariat : JL. Mataram No.68 Yogyakarta 55231 Telp./Fax (0274) 546668, (0274) 7117251
email : suryatmajan@jogjakota.go.id

I. PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Komponen warga masyarakat Kelurahan Suryatmajan Kecamatan Danurejan yang terdiri dari berbagai kelembagaan masyarakat bersama menyikapi dan menindaklanjuti Dokumen Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (MUSRENBANG) menyatukan persepsi bahwa kebersamaan adalah kunci keberhasilan dari penyelesaian dan solusi berbagai permasalahan warga Kelurahan Suryatmajan.
Untuk itu telah disepakati bersama sebuah slogan dan ikon penyemangat yaitu “Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri” sebagai sebuah program berkelanjutan guna menyatukan langkah gerak dalam rangka pemberdayaan Masyarakat.
Kelompok, Slogan dan semboyan ini lahir sebagai konsekuensi logis melihat potensi dan masalah yang muncul terkait dengan kondisi Topografi dan Demografi wilayah Kelurahan Suryatmajan yang rawan bencana (wilayah bantaran Sungai Code), wilayah yang strategis bagi pengembangan ekonomi (wilayah penyangga kawasan Malioboro dan Jl. Mataram), wilayah yang kaya potensi SDM untuk industri kreatif (banyak pengrajin), dan banyaknya tenaga kerja sektor informal (jumlah penduduk Miskin 30 %), keberadaan Rusunawa Cokrodirjan dengan potensi ekonomi yang belum optimal dimanfaatkan, siaga akan kerawanan terhadap permasalahan sosial dan kesehatan.
Semua permasalahan tersebut sangat relevan dengan tujuan dan sasaran dari Program Padat Karya Produktif ini.
Dengan menciptakan sinergisitas program padat karya produktif dengan program kelompok “Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri” ini besar harapan program antisipasi tanggap bencana, program pemberdayaan ekonomi, Program pemberdayaan pemuda, program pemberdayaan perempuan, program pemberdayaan tenaga sektor informal, program pemberdayaan penghuni Rusunawa Cokrodirjan dan program pemberdayaan masyarakat lainnya (Fungsi Lingkungan, Sosial dan Kesehatan) di Kelurahan Suryatmajan dapat terfasilitasi.

PROGRAM PADAT KARYA
KELOMPOK
“SURYATMAJAN TANGGAP SIAGA MANDIRI”
KELURAHAN SURYATMAJAN
KECAMATAN DANUREJAN
Sekretariat : JL. Mataram No.68 Yogyakarta 55231 Telp./Fax (0274) 546668, (0274) 7117251
email : suryatmajan@jogjakota.go.id

Dengan pertimbangan tersebut diatas maka kegiatan Padat Karya Produktif ini dikemas dalam sebuah gerakan yang memiliki tema yaitu melalui program dan kegiatan padat karya Produktif menuju Kelurahan Suryatmajan Tanggap Siaga dan Mandiri.
B. Permasalahan
Program ini diharapkan dapat membantu memfasilitasi upaya kegiatan pemberdayaan masyarakat terkait dengan berbagai isu permasalahan yang terkait dengan penyerapan tenaga kerja antara lain:
a. Keberadaan wilayah kampung Ledok Macanan, Gemblakan Bawah yang terletak pada bantaran sungai code yang membutuhkan berbagai upaya tanggap bencana, dimana sebagaian penduduknya bekerja disektor informal dan tidak memiliki mata pencaharian yang tetap (distribusi penduduk miskin tersebar di wilayah bantaran Sungai Code) melalui kegiatan penataan infrastruktur pendukung lingkungan dan akses kegiatan ekonomi di wilayah bantaran Sungai Code.
b. Keberadaan potensi pengrajin di wilayah kampung Cokrodirjan yang belum optimal pemberdayaannya.
c. Keberadaan potensi ekonomi JL. Mataram sebagai penyangga kawasan Malioboro yang perlu dioptimalkan sebagai penggerak ekonomi oleh kaum perempuan lewat Ibu-ibu PKK melalui warung PKK dan pemuda RW. O5 Sosrokusuman kios Koperasi Pemuda dan kios warga Kampung Gemblakan Atas, pembukaan lapangan kerja semi social dengan pembuatan kios fotocopi untuk melayani warga dengan tempat di Jl. Mataram pinjam ke halaman Kelurahan Suryatmajan).
d. Potensi industri kreatif ibu-ibu PKK RW 06 Sosrokusuman dan pemuda gemblakan bawah berupa konveksi dan kerajinan kulit perlu untuk dikembangkan.
e. Belum optimalnya pengembangan public space usaha di kawasan Rusunawa Cokrodirjan.
f. Wahana atau tempat interaksi sosial wadah kegiatan PAUD dan Posyandu belum ada di kampung Cokrodirjan.

PROGRAM PADAT KARYA
KELOMPOK
“SURYATMAJAN TANGGAP SIAGA MANDIRI”
KELURAHAN SURYATMAJAN
KECAMATAN DANUREJAN
Sekretariat : JL. Mataram No.68 Yogyakarta 55231 Telp./Fax (0274) 546668, (0274) 7117251
email : suryatmajan@jogjakota.go.id

C. Maksud dan tujuan
Dengan terciptanya sinergisitas program padat karya dengan program kelompok “Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri” ini mempunyai maksud dan tujuan terciptanya lapangan kerja, penyerapan tenaga kerja, penumbuhkembangan dan pendayagunaan potensi ekonomi, potensi SDA, SDM melalui kegiatan yang berhubungan/berkorelasi dengan program antisipasi tanggap bencana, program pemberdayaan ekonomi berbasis kelembagaan masyarakat dan kewilayahan, Program pemberdayaan pemuda, program pemberdayaan perempuan, program pemberdayaan tenaga sektor informal, program pemberdayaan penghuni Rusunawa Cokrodirjan dan program pemberdayaan masyarakat lainnya (Fungsi Lingkungan, Sosial dan Kesehatan) di Wilayah Kelurahan Suryatmajan.

D. Sasaran
Sasaran Program padat karya produktif yang diwadahi dalam program kelompok Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri mempunyai beberapa target sasaran menyediakan lapangan kerja produktif yang bersifat sementara, permanen dan berkelanjutan, mendayagunakan tenaga pengangguran , menumbukembangkan ekonomi berbasis kelembagaan dan kewilayahn terhadap kelompok/golongan antara lain:
a. Kelompok pemuda
b. PKK / Ibu-ibu PKK Kelurahan dan PKK RW
c. Tenaga pengangguran tidak punya pekerjaan tetap
d. Tenaga Sektor informal/ tenaga serabutan
e. Tenaga ahli dan tukang dari warga kelurahan Suryatmajan
f. Relawan sosial, tenaga kebersihan/tenaga harian lepas Kelurahan Suryatmajan
g. Pengrajin
h. Penghuni Rusunawa Cokrodirjan

PROGRAM PADAT KARYA
KELOMPOK
“SURYATMAJAN TANGGAP SIAGA MANDIRI”
KELURAHAN SURYATMAJAN
KECAMATAN DANUREJAN
Sekretariat : JL. Mataram No.68 Yogyakarta 55231 Telp./Fax (0274) 546668, (0274) 7117251
email : suryatmajan@jogjakota.go.id

II. RENCANA KEGIATAN

A. Tahapan Kegiatan

1. Tahapan Persiapan
Tahapan persiapan kegiatan saat ini yang telah dilakukan antara lain :
a. Sosialisasi Program kepada komponen masyarakat oleh kelurahan
b. Pelaksanaan rembug warga untuk menentukan jenis kegiatan yang akan menjadi sasaran padat karya
c. Penyusunan proposal tingkat Sub kelompok
d. Kesepakatan jenis-jenis kegiatan dan RAB yang dibutuhkan serta penggodokan proposal tingkat kelurahan
e. Pembentukan penanggung jawab kelompok induk dan sub kelompok

2. Tahapan Pelaksanaan
Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan direncanakan antara lain melalui mekanisme sebagai berikut :
a. Sosialisasi jenis dan teknis kegiatan Kegiatan
b. Rekrutmen nama calon tenaga Kerja pelaksana dan penerima manfaat program.
c. Kegiatan persiapan pemasangan papan
d. pembelian bahan dan Alat
e. Kegiatan untuk produksi hasil
f. Pelaksanaan kegiatan fisik
g. Khusus kegiataan kerajinan dan biopori selanjutnya ditempuh upaya pemasaran produk ke pasar

PROGRAM PADAT KARYA
KELOMPOK
“SURYATMAJAN TANGGAP SIAGA MANDIRI”
KELURAHAN SURYATMAJAN
KECAMATAN DANUREJAN
Sekretariat : JL. Mataram No.68 Yogyakarta 55231 Telp./Fax (0274) 546668, (0274) 7117251
email : suryatmajan@jogjakota.go.id

B. Tema , Jenis dan Uraian Kegiatan

Kegiatan Padat Karya Produktif ini dikemas dalam sebuah gerakan yang memiliki tema yaitu melalui program dan kegiatan Padat Karya Produktif menuju Kelurahan Suryatmajan Tanggap Siaga dan Mandiri.

Adapun jenis dan uraian kegiatan padat karya produktif kelompok Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri ini terurai dalam 10 jenis kegiatan sebagai berikut:

1. Sub Kelompok Surya Wira Karya yaitu kegiatan ekonomi produktif pembuatan kerajinan tempat HP (sample hasil terlampir) oleh kelompok pemuda Gemblakan Bawah dan Ledok Macanan (Karang Taruna) dengan target produksi sejumlah 2.400 buah dengan tenaga kerja 6 orang pemuda, 3 orang tenaga ahli, dalam waktu 21 hari, dengan sifat pekerjaan permanen dan berkesinambungan untuk hasil yang akan dipasarkan, dengan fasilitasi program padat karya produktif pada aspek biaya tenaga kerja, alat, bahan dan sewa tempat dengan rencana pembiayaan terlampir.

2. Sub kelompok Usaha Konveksi Bangun Usaha, berlokasi di RW.06 kampung Sosrokusuman dengan sifat kegiatan permanen berkelanjutan yaitu memproduksi di salah satu anggota hasil-hasil konveksi antara lain sprei, taplak meja, sarung bantal, baju anak, dll, sasaran tenaga kerja adalah ibu-ibu PKK RW. 06 kampung sosrokusuman dengan tenaga kerja sebanyak 12 orang, target hasil : ….. buah dengan fasilitasi pada aspek biaya tenaga kerja, alat dan bahan dengan RAB terlampir.



3. Sub kelompok Hasta Karya kampung Ledok Macanan, berlokasi di balai kampung Ledok Macanan dengan sifat kegiatan permanen berkelanjutan dengan kegiatan pembuatan cetakan conblok untuk model Biopri (sketsa hasil terlampir), pembuatan conblok dengan target 4.500 buah, kemudian kegiatan pemasangan conblok tersebut untuk peresapan air hujan (tanggap bencana sungai code) selama 25 hari, kemudian akan dilanjutkan untuk diproduksi apabila ada order baru dari wilayah lain yang membutuhkan. Jumlah tenaga kerja 15 orang, dengan fasilitasi program berupa aspek biaya pada tenaga kerja, alat dan bahan.

4. Sub kelompok Cakranawa yang berlokasi di komplek Rusunawa Cokrodirjan, dengan kegiatan pembuatan space usaha lebih tertata rapi dan indah dan penataan pedagang/pelaku usaha di kawasan Rusunawa cokrodirjan, tenaga kerja dari penghuni Rusunawa yang bekerja sector informal, dengan target kerja 10 hari ……. Unit space,dengan dukungan program pada aspek biaya tenaga kerja, alat dan bahan. Sifat kegiatan permanen berkelanjutan, pembuatan kios usaha.RAB terlampir.

5. Sub kelompok Karya Mulya berlokasi di kampung Gemblakan Atas, kegiatan berupa rehab dan perbaikan kios kampung Gemblakan Atas yang rusak, untuk usaha di kawasan Jl. Mataram, sifat kegiatan permanen berkelanjutan, rehab kios usaha yang rusak, sejumlah : ….. buah, melibatkan tenaga pengganguran sejumlah 12 orang, dengan fasilitasi program pada bantuan aspek tenaga kerja, alat dan bahan selama 21 hari. RAB terlampir.





6. Sub kegiatan kelompok Putri Pertiwi, yaitu kegiatan yang berlokasi di Jl. Mataram sekretariat PKK, untuk membuat warung Sembako dan kelontong PKK sejumlah 1 unit, (mengingat di Jl. Mataram belum ada warung sembako dan kelontong) berupa kegiatan usaha kelontong, manajemen usaha dengan tenaga kerja 10 orang pengurus PKK kelurahan selama 21 hari, dengan fasilitasi program pada aspek tenaga kerja, Alat dan bahan. RAB terlampir.

7. Sub kelompok Surya Copy, yaitu kegiatan penciptaan lapangan kerja ekonomi yang beorientasi sosial dan public service yaitu pembuatan kios fotocopi mengingat belum ada tempat fotocopi di Jl. Mataram dengan tenaga kerja 5 orang untuk pembuatan kios dan 2 orang operator, sifat permanen berkelanjutan, dengan target 1 mesin fotocopi, dengan fasilitasi program pada aspek tenaga kerja, alat dan bahan.Lokasi pinjam halaman kelurahan dengan pembuatan sekat. RAB terlampir.

8. Sub kelompok Cakra Karya yaitu kegiatan berlokasi di kampung Cokrodirjan, potensi lahan tersedia, adanya potensi tenaga kerja pengrajin untuk program kegiatan sifat permanen berkelanjutan untuk kepentingan ekonomi social yaitu pembuatan gebyok manten 1 paket, sarana lelayu/Pangrutilaya 1 paket, keranda 1 buah, kain penutup jenasah, pembuatan ruang kegiatan PAUD (pendidikan Anak usia Dini) dan Posyandu, tenaga kerja 13 orang selama 7 hari dengan bantuan fasilitasi pada aspek tenaga, alat dan bahan. RAB terlampir.


9. Sub kelompok Bhakti Code, Lokasi RT. 19 kampung Gemblakan Bawah yaitu kegiatan bersifat permanen, yaitu membuka akses jalan untuk memperlancar akses pelaku usaha di sekitar sungai Code, lebih fokus lagi pada kegiatan pemotongan MCK Umum yang menutup jalan di pinggir Sungai Code untuk membuka akses jalan yang lebih lebar, tenaga kerja pengangur sejumlah 25 orang selama 30 hari dengan kegiatan pengeprasan dan cor dak untuk calon pondasi balai RW. 07, bantuan fasilitasi pada aspek tenaga kerja, bahan dan alat. RAB terlampir.
10. Sub kelompok Muda Usaha, lokasi bekas kios RW. 05 Sosrokusuman, kegiatan rehab kios untuk kantor Koperasi simpan pinjam pemuda RW. 05 Sosrokusuman, sifat permanen berkelanjutan, tenaga kerja 13 orang selama 8 hari kerja, bantuan fasilitasi berupa aspek tenaga kerja, alat dan bahan. RAB terlampir.

C. Lokasi Kegiatan terlampir.
Lokasi pelaksanaan kegiatan padat karya tersebar dalam 10 titik kegiatan dengan lokasi kegiatan terlampir.

D. Rencana pembiayaan Kegiatan
Total pembiayaan program padat karya produktif melalui kelompok Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri ini sejumlah Rp. ……. Meliputi pembiayaan komponen-komponen sebagai berikut :

Aspek komponen tenaga kerja : Rp.
Aspek komponen alat : Rp
Aspek komponen bahan : Rp
Secara detail masing-masing kegiatan terinci dalam lampiran proposal ini.



E. Rencana jadual pelaksanaan kegiatan terlampir
Rencana jadual pelaksanaan kegiatan padat karya produktif kelompok Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri ini bervariasi dengan uraian rencana jadual pelaksanaan 10 kegiatan terlampir.

F. Pengorganisasian terlampir
Pengorganisasian dari 10 sub kelompok pelaksana program padat karya produktif dalam wadah kelompok Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri tersusun sebagaimana terlampir.

G. Penanggung jawab kegiatan terlampir
Penanggung jawab kegiatan terbagi dalam 2 kategori yaitu komponen penanggungjawab kelompok padat karya produktif Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri di tingkat Kelurahan, dan komponen penanggung jawab kegiatan pada masing-masing 10 sub kelompok kegiatan padat karya produktif. Adapun susunannya terlampir.


III. PENUTUP
Proposal ini disusun dengan dilandasi adanya kebutuhan warga masyarakat Kelurahan Suryatmajanuntuk mencapai komitmen warga Kelurahan Suryatmajan yang tanggap siaga dan mandiri.
Kami yakin pasti program ini sangatlah besar pengaruhnya atau memiliki dampak yang sangat berarti bagi kemajuan wilayah Kelurahan Suryatmajan, sangat berarti bagi program pemberdayaan warga masyarakat Kelurahan Suryatmajan.
Sehubungan dengan hal tersebut dukungan berupa kepedulian dan peran serta aktif semua pihak yang berkomitmen untuk suksesnya kegiatan ini baik berupa immaterial ( tenaga dan pikiran) serta dukungan berupa materiil sangatlah diharapkan.


Besar harapan kami atas dikabulkannya permohonan ini oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. Demikian Proposal ini, atas dukungan dan perhatiannya kami mengucapkan banyak terima kasih.


Yogyakarta, 27 Februari 2009

Hormat kami,
Kelompok Padat Karya Produktif
Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri

Koordinator Kelompok Padat Karya Produktif
Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri
selaku Ketua Panitia
Program Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri
Kelurahan Suryatmajan



Y. UNTUNG TRI RAHARDJO, S.Sos. Sekretaris
Kelompok






ARIS SUHARYANTO


Mengetahui,
Lurah Suryatmajan




Syarief Teguh Prabowo, SSTP
NIP. 010 258 107









TURUT MENDUKUNG PENGAJUAN PROPOSAL :


Sub Kelompok Putri Pertiwi Sub Kelompok Hasta Karya


SRI SUGIARTI, SE SADDI ANGGORO, SH

Sub Kelompok Surya Wira Karya Sub Kelompok Bangun Usaha


ADIK AL FAJAR AGUS SRI BUNTORO, SH

Sub Kelompok Karya Mulya Sub Kelompok Surya Copy


IGN. HARYANTO, SE WIJI ISTANTO

Sub Kelompok Cakra Nawa Sub Kelompok Bhakti Code


ARIS SUHARYANTO SUDARMONO

Sub Kelompok Cakra Karya Sub Kelompok Muda Usaha


SUTANTO SUGITO

LPMK Kelurahan Suryatmajan


SUPARYANTO

Lampiran I
SUSUNAN PANITIA
KELOMPOK PADAT KARYA PRODUKTIF
SURYATMAJAN TANGGAP SIAGA MANDIRI



Pelindung : Lurah Suryatmajan
Penasehat :

Ketua : Ir. Herdjuno
Wakil Ketua I ( UEP ) :
Wakil Ketua II ( Kios ) :
Wakil Ketua III ( Infrastruktur ) :
Sekretaris :

Bendahara I :


Tenaga Ahli Supervisi dan Tenaga Operasional
Bid. Usaha Ekonomi Produktif (UEP) :



Bid. Kios :



Bid. Infrastruktur :

Tidak ada komentar:

IKLAN KARTU AS

IKLAN KARTU AS

Iklan

Iklan
Internet Murah Three 3 Tri Internet Unlimited

Motor Vega ZR

Motor Vega ZR

Michael Jordan Quotes

Ajang Studio Terbuka

Ajang Studio Terbuka